Cara Memilih Jajanan Tape Singkong Yang Enak

Tape singkong - Halo sahabat jajanan uenak, jika melihat gambar ini pasti sobat tahu pedagang apa yang dulu sering lewat di depan rumah dan menawarkan sebuah jajanan khas yang sudah ada dari Saya masih kecil.

Tak salah lagi, tukang tape keliling jawabannya. Biasanya para penjual tape, selalu menjajakan dagangannya hampir setiap hari dan banyak juga yang suka dengan olahan singkong fermentasi ini.

tape singkong

Tape adalah makanan tradisional indonesia yang mempunyai rasa asam dan manis yang khas, banyak dijual di kios-kios tempat wisata jawa barat dan ada juga yang menjual tape secara keliling.

Keberadaan penjual tape keliling sudah jarang terlihat lagi, namun saya sempat mengambil gambar penjual tape keliling yang sedang lewat sambil ngumpet, takut ketahuan abang nya, beli enggak main foto aja he..he.

Tape sendiri merupakan makanan olahan dari singkong yang berfermentasi dengan bantuan bakteri yang tidak berbahaya.

Namun rasa tape yang enak, biasa terdapat didaerah jawa barat yang mungkin karena cuaca yang dingin dan bahan singkong yang bagus menjadi faktor rasa enak itu terjadi. Kalau yang sudah pernah makan peyem jawa barat, pasti setuju dengan saya.

Dari tape berbagai olahan makanan bisa dibuat, seperti tape goreng, timus. Bahkan, minuman banyak yang memakai tape sebagai campurannya. Sebut saja es doger dan es campur.

Dalam memilih tape yang bagus, hanya perlu beberapa ciri yang bisa mudah diketahui.

  • Aroma yang khas
  • Tekstur yang lembut
  • Rasa manis yang pas


Ketiga ciri tersebut, menjadi patokan tape punya rasa enak atau tidak. Aroma khas tape sangat menunjang rasa, tekstur yang lembut dan rasa manis yang pas sangat mempengaruhi rasa sebuah tape yang enak bin lezat.

Wah jadi kayak pengamat makanan ya, mirip pak bondan maknyus. :)


EmoticonEmoticon