5 Tips Menyingkirkan Bau Dari Daging Kambing Secara Alami

Tips menyingkirkan bau daging kambing - Bagi sahabat yang menyukai daging kambing, pasti tahu bahwa daging tersebut punya aroma yang khas. Aroma atau bau yang keluar dari daging kambing, sangat menyengat sehingga bagi sebagian orang sangat tidak menyukai nya.

Bau prengus daging kambing memang sudah dari sananya, namun kata orang tua sih karena cara pemotongan yang kurang baik.

Lemak pada daging kambing sering membuat daging tersebut menjadi bau tidak karuan, jika sahabat ingin menyimpan nya, terlebih dahulu singkir kan lemak dengan cara membersihkan nya.

Tips menyingkirkan bau daging kambing

Bila daging terlalu lembek, beku kan terlebih dahulu, baru bisa di buang lemak yang menempel pada daging kambing.

Sebenarnya, banyak cara bisa sahabat gunakan untuk mengakali bau tak sedap dari daging kambing. Apalagi sebentar lagi memasuki hari idul adha, pasti banyak daging kambing singgah di lemari sahabat.

Tips menyingkirkan bau dari daging kambing


1. Jeruk nipis

Buah ini terkenal dengan aroma yang khas dan menyengat, selain itu jeruk nipis bisa membunuh bakteri yang ada dalam daging kambing.

Air perasan jeruk nipis juga bermanfaat untuk melunak kan daging kambing, sahabat bisa melumuri daging dengan air perasaan dan buah nya juga selama 30 menit, lalu baru olah daging kambing.

2. Buah nanas

Siapa sih yang tak tahu manfaat buah nanas, selain bisa membuat daging kambing alot menjadi lunak, nanas bisi menyingkirkan bau tidak sedap dari daging kambing.

Biasanya orang tua jaman dulu, menggunakan buah nanas parut untuk melumuri daging kambing agar lunak dan tidak bau. Sahabat bisa mencoba nya dirumah dan buktikan sendiri keampuhan buah nanas.

3. Daun pepaya

Daun pepaya, juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau daging kambing. Kandungan enzim daun pepaya bisa membuat lunak daging secara alami dan bisa menghilangkan bau prengus.

Bila sahabat penggemar sate kambing, baca disini

Baca juga: Cara membuat resep sambal kacang bumbu sate mantap

4. Garam

Untuk menyingkirkan bau daging kambing, bisa juga dengan menggunakan garam. Teknik ini disebut juga dengan marinet, yang mana garam di taburkan ke daging kambing, lalu dibiarkan untuk di olah kemudian.

Garam termasuk jenis pengawet yang sangat dianjurkan, karena mengandung unsur bahan yang alami. Gunakan garam sebelum menyimpan daging kambing, agar lebih lunak dan tidak bau.

5. Daging kambing jangan dicuci

Bagi sahabat yang belum tahu, mencuci daging kambing bisa menyebabkan bau yang tidak sedap.

Hindari mencuci daging kambing, bila tidak ingin langsung dimasak. Konon dalam memasak daging kambing, memang tidak perlu dicuci dengan air, cukup lakukan rendam jeruk nipis atau buah nanas parut.


Baca juga: Resep cara membuat gulai kambing yang sedap


Dari 5 tips cara menyingkirkan bau dari daging kambing diatas, sahabat pasti lebih bisa untuk mengolah daging kambing tanpa adanya bau yang tidak sedap.

Selain di buat gulai, daging kambing biasa juga dijadikan sate saat hari raya idul adha. Bila ingin sesuatu yang berbeda saat membuat sate kambing, lihat dan baca disini

Baca juga: Resep sate dengan bumbu lada hitam

Setelah mengetahui cara alami agar daging kambing tidak mengeluarkan bau tidak sedap saat disimpan, baru setelah itu lanjut ke proses masak.

Semoga tips jajanan uenak ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon