Cara Memilih Sayuran Kangkung Segar dan Bebas Lintah

Siapa sih yang tak suka dengan kangkung, sayuran ini bisa dijadikan bahan masakan yang lezat dan bergizi tinggi, seperti sayur kangkung dan tumis kangkung. Tips masak berikut ini, bisa membantu sahabat dalam memilih sayuran kangkung yang segar dan bebas dari lintah.

Kangkung, termasuk jenis sayuran basah dan hidup pada tanah yang berair. Karena habitat yang memiliki banyak air, maka wajar saja bila kangkung banyak terdapat kuman serta kadang terdapat lintah dalam batangnya.

cara memilih sayuran kangkung segar

Untuk membedakan sayuran kangkung yang segar dan yang tidak, harus diperhatikan dengan benar-benar. Karena, sahabat pasti tidak mau kejadian ditemukannya lintah dalam kangkung, terjadi pada diri sahabat saat memasak kangkung.

Cara memilih kangkung segar dan bebas lintah


1. Warna kangkung

Warna kangkung yang hijau dan terlihat segar, merupakan ciri sayuran sehat. pilih lah dengan melihat warna hijau segar alami dan tidak pucat atau layu.

Warna hijau segar juga merupakan tanda bahwa sayuran baru dipetik dari kebun, sedangkan yang layu sudah lama dipetik.

2. Tingkat air dalam batang kangkung

Langkah selanjutnya adalah dengan melihat tingkat air dalam batang kangkung, karena hal ini menjadi kunci bahwa sayuran kangkung itu masih baru.

Belah dua batang dan rasakan bunyi serta kualitas airnya. bila berbunyi trek.. dan masih juicy atau berair, itu bertanda kangkung masih segar.

3. Lihat daun kangkung

Langkah selanjutnya adalah dengan melihat daun kangkung. Sayuran yang organik, tidak menggunakan bahan kimia dalam pertumbuhannya.

Daun kangkung yang tidak memiliki lubang, bisa berarti menggunakan zat kimia. Karena, ulat yang biasa memakan daun hijau tidak mau memakan daun yang mengandung zat pestisida.

Pilih lah sayuran kangkung yang memiliki lubang dalam  tangkainya, atau minimal dalam 1 ikat kangkung, terdapat daun yang berlubang.

4. Belah dua batang kangkung

Langkah selanjutnya adalah dengan membelah dua batang kangkung, bila sedang mengolahnya. Hal ini untuk menghindari terdapat lintah yang suka bersembunyi dalam rongga batang kangkung.

5. Proses cuci bersih

Langkah terakhir adalah mencuci sayuran kangkung dengan air mengalir, hal ini agar segala kotoran bisa luntur dan terbawa oleh air.

Lakukan proses cuci bersih kangkung dengan air mengalir sampai 3 kali untuk hasil lebih maksimal.
Dengan menerapkan tips diatas, anda bisa memilih sayuran kangkung yang masih segar dan bebas dari binatang lintah. 

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi berfikir untuk menyajikan bahan sayuran terbaik bagi keluarga adalah ciri seorang chef atau koki yang bijak dan profesional.

Lihat dan perhatikan video dibawah ini, agar lebih jelas dalam mengolah kangkung dan menghindari terdapatnya lintah.


Sayuran kangkung sangat mudah diolah dan juga murah harganya, jangan sampai karena murah dan mudah nya sayuran ini didapat, sahabat melupakan faktor keselamatan keluarga.

Semoga tips masak kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon