Tips Cara Marinade Daging Agar Empuk Dimasak

Berbagai jenis daging, bisa menjadi satu masakan yang enak bila sahabat tahu teknik cara mengolahnya. Dengan tips cara marinade daging agar empuk, sahabat bisa membuat masakan berbahan daging seperti steak, lamb chop, tongseng, rendang se enak restoran kelas premium.

Marinade adalah teknik masak untuk mengolah daging dengan tekstur keras, menjadi lebih empuk. Jenis potongan daging yang biasa di marinade adalah potongan keras dan daging rendah lemak, seperti sirloin, daging pinggul, flat iron, skirt, round dan hanger steak.


Untuk jenis daging kualitas bagus, seperti T-bone, rip-eye, filet mignon, porterhouse, NY strip, tidak perlu tindakan marinade. Karena, akan merusak struktur urat dan serat.

Selain untuk membuat daging menjadi lebih empuk, teknik masak marinade juga untuk memberi bumbu agar lebih meresap sempurna ke dalam daging sapi, ayam, tuna dan lain sebagainya.

Tips cara marinade daging agar lebih empuk


1. Pencucian daging

Langkah awal adalah dengan membersihkan daging, dari segala kotoran yang menempel dengan air yang mengalir.

Sahabat tentu tidak mau bila kotoran daging ikut terbawa dalam proses memasak yang akan dilakukan.

Khusus untuk daging kambing, proses pencucian sebaiknya tidak usah dilakukan, agar daging tidak mengeluarkan bau.

2. Pemotongan daging

Langkah selanjutnya adalah memotong daging menjadi irisan tipis, sebab potongan daging tipis akan mempercepat proses marinade ketimbang yang tebal.

3. Menyiapkan wadah tertutup

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan wadah yang memiliki tutup rapat, agar teknik marinade bisa maksimal.

Siapkan tempat seperti mangkuk atau plastik kedap udara atau apa saja, asalkan memiliki tutup yang rapat.

4. Bumbu marinade

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bumbu untuk marinade. Setiap masakan memiliki bumbu yang berbeda, tapi untuk proses marinade banyak yang memakai potongan buah nanas, jeruk nipis, daun pepaya, jahe, merica bubuk, merica hitam dan garam.

Pada masakan western, bumbu marinade meliputi, minyak zaitun, yang dicampur dengan cuka dan kecap asin dan merica hitam. Semua bumbu marinade sah-sah saja, asalkan hasilnya bagus.

Taburkan garam pada permukaan daging, lalu masukkan air jeruk nipis atau nanas yang diparut. Aduk sebentar dan diamkan selama 2 sampai 3 jam dalam lemari es.
Teknik marinade sebenarnya tidak terlalu sulit dilakukan, bila sahabat tahu mau resep yang akan dibuat. Asalkan tidak terlalu over dalam memberikan asam dalam marinade, pasti daging akan terasa dingin-dingin empuk.

Loh kok asam sih? Ya, memang marinade memerlukan asam dalam proses nya. Asam bisa didapat dari kandungan jeruk nipis, nanas, daun pepaya dan cuka yang ada pada poin ke 4.

Semoga tips masak kali ini tentang cara marinade daging agar empuk dimasak bisa bermanfaat, khususnya bagi sahabat yang suka masakan daging. Selamat mencoba.
Baca juga: Resep buntut sapi panggang


EmoticonEmoticon