Tips Cara Membuat Santan Kelapa Berkualitas Bagus

Siapa sih yang tak kenal dengan santan kelapa, setiap ibu rumah tangga dan orang yang ber kecimpung dalam dunia masak-memasak pasti mengenal nya. Untuk mendapatkan santan berkualitas bagus, diperlukan cara yang tepat untuk membuat nya.

Santan kelapa banyak digunakan untuk berbagai masakan, khususnya yang berkuah seperti soto, opor, rendang dan lain sebagainya.

Santan kelapa dihasilkan dari buah kelapa yang di parut, lalu di peras untuk di ambil air nya. Nah, hasil air perasan buah kelapa disebut juga dengan nama santan.

Untuk mendapatkan santan yang berkualitas bagus, sahabat harus benar-benar selektif memilih buah kelapa, agar hasil masakan menjadi lebih enak dan sedap.

Tips membuat santan kelapa berkualitas

Tips cara membuat santan kelapa ber kualitas bagus


1. Pemilihan buah kelapa

Buah kelapa yang bagus untuk dijadikan santan, adalah jenis yang tua. Dari jenis kelapa ini, sahabat bisa mendapat kan santan yang kental dan beraroma wangi.

Hindari memilih buah kelapa yang sedikit muda, karena hasil perasan akan sedikit lebih encer dan tidak bisa banyak.

Kocok buah kelapa yang masih bulat dengan tangan, bila suara koclak terdengar nyaring, pasti kelapa tersebut sudah cukup tua dan bagus untuk di buat santan.

2. Pengupasan kulit kelapa

Tips berikut ini di dapat dari nenek saya yang selalu berpesan, bahwa santan yang bagus jangan terlalu banyak dikupas kulit nya. Setelah dilakukan, ternyata hasil nya memang seperti yang beliau katakan.

Santan hasil perasan kelapa yang sedikit di kupas kulit nya, memiliki tingkat kental yang bagus dan aneh nya tidak cepat pecah saat membuat masakan soto, walaupun tidak terlalu sering diaduk.

3. Mencampur dengan air

Nah, sahabat pasti melakukan hal ini, mencampur kelapa yang sudah di parut untuk dijadikan santan.

Tapi, tahu kah sahabat, bahwa untuk hasil santan yang sempurna, penggunaan air jangan terlalu banyak. Cukup tambah kan hingga 2 kali saja, pasti hasil nya santan akan berkualitas bagus.

Jika terlalu banyak menambah kan air, hasilnya santan akan encer dan tidak bisa mengeluarkan aroma santan kelapa yang khas saat memasak.

4. Jangan terlalu lama di simpan

Air santan yang lama di simpan dalam lemari es, akan mengalami proses dan akan membuat santan menjadi tidak bagus.

Poin ke 4 dalam tips membuat santan yang bagus, hanya seputar cara menyimpan. Usahakan tidak terlalu lama menyimpan santan setelah diperas dan berhasil di buat.

Santan yang bagus untuk memasak adalah santan yang langsung dipakai sesaat sahabat memeras nya.

Baca juga: Resep cara membuat soto ayam santan gurih enak sedap

Beberapa tips diatas mungkin sudah pernah sahabat dengar dan tahu, tetapi ada baik nya di ulas kembali untuk sekedar mengingat kan.

Poin pertama diatas dalam tips cara membuat santan yang bagus adalah yang paling penting, jika yang dipakai kelapa tua akan bagus hasilnya, namun jika kelapa muda ya.. akan jadi es kelapa muda.

Semoga info dan tips masak kali ini bisa bermanfaat dan membuat kita mengetahui tenatang santan yang berkualitas bagus.

2 comments

Wuih keren artikel nya nih. Bikin santan ternyata ga gampang ya.

Wuih... terima kasih bang ganteng sudah mampir. Memang kalau difikir fikir susah bikin santan ber kualitas bagus, kita kita ini maunya yang instan dan melupakan yang tradisional.


EmoticonEmoticon