Tips Masak Udang Agar Tidak Bau Amis

Memasak sebuah masakan dengan bahan udang, terbilang cukup rumit. Karena dalam proses pencucian, harus teliti dan benar-benar bersih, bila tidak akan mengurangi rasa dari udang itu sendiri. Tips masak udang agar tidak bau amis, akan memberikan informasi seputar teknik membersihkan udang ala restoran dan chef ternama.

Udang termasuk kategori bahan masakan seafood yang banyak digemari masyarakat, jenis udang terbagi kedalam 2 golongan. Pertama udang laut, kedua udang air tawar.

Kedua jenis udang bisa di olah menjadi bahan masakan yang enak, namun ada perbedaan dari segi rasa daging nya.

tips masak udang agar tidak amis

Sahabat tentu pernah membuat masakan berbahan dasar udang dan pasti tahu kalau udang harus di cuci terlebih dahulu. Untuk lebih jelas nya, yuk di simak tips masak kali ini.

Tips Masak Udang Agar Tidak Bau Amis


1. Proses pemilihan udang

Pilihlah udang yang masih segar dengan cara memegang langsung udang tersebut, deteksi aroma udang dengan seksama, bila tercium bau busuk menandakan udang sudah tidak layak pakai.

Udang yang segar akan membuat masakan yang sahabat buat, menjadi lebih lezat dan nikmat. Selain itu, kandungan protein udang segar bisa membuat tubuh menjadi sehat.

2. Mencuci udang

Sebelum mengupas kulit udang, sahabat harus mencuci nya minimal 2 kali dengan air mengalir. Hal ini agar kotoran saat udang dikemas menjadi bersih dan tidak menempel pada kulit udang.

3. Merendam dengan air panas

Langkah selanjutnya setelah mencuci udang adalah merendam nya dengan air panas, hal ini agar memudahkan sahabat dalam proses mengupas kulit udang.

Merendam udang juga jangan terlalu berlebihan, cukup sampai udang berwarna kemerahan, lalu angkat dan tiriskan.

4. Mengupas kulit udang

Langkah selanjutnya adalah mengupas kulit udang, siapkan pisau yang cukup tajam lalu iris badan udang dari kepala sampai ke buntut. Keluarkan isi perut udang yang berwarna hitam seperti benang, sahabat bisa menggunakan tusuk gigi untuk mencabutnya dari punggung udang.

Tarik kulit udang secara hati-hati dan jangan sampai mengenai daging udang, lakukan dengan teknik menarik kulit ke belakang.

Jika sahabat ingin membuang kepala udang, patahkan  kepala udang dengan teknik memutar ke bawah kaki udang.

5. Mencuci udang kembali

Langkah terakhir adalah mencuci udang kembali denga air hangat, hal ini agar bakteri saat proses mengupas kulit bisa bersih dan udang siap digunakan menjadi bahan masakan yang enak, lezat dan bergizi.
Ternyata teknik cara membersihkan dan mengupas kulit udang bisa sangat mudah, jika kita mengetahui ilmunya. 

Sebagai catatan, gunakan sarung tangan saat proses pencucian maupun mengupas kulit udang, agar udang tidak terkontaminasi bakteri dari tangan. namun jika tidak mau menggunakan sarung tangan, cukup cuci bersih tangan Anda sebelum melakukan proses pencucian udang.

Semoga tips masak kali ini bisa bermanfaat, khususnya bagi sahabat yang suka masak udang. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon