Tips Membuat Bawang Goreng Renyah Dalam Waktu Lama

Siapa sih yang tak suka dengan bawang goreng, setiap masakan akan terasa lebih enak bila ditambahkan bawang goreng diatas nya. Namun untuk membuat bawang goreng renyah dalam waktu lama, bukan perkara mudah dan menuntut teknik yang tepat serta akurat.

Bawang goreng yang biasa ditambahkan dalam masakan, ternyata memiliki kandungan penyedap atau MSG alami loh.

Hal ini terungkap setelah setiap masakan, baik yang ber kuah maupun tidak, punya cita rasa yang khas oleh sebab ditaburi bawang goreng diatas nya.

Bagi sahabat khususnya para bunda dan sista yang ingin mengetahui tips cara membuat bawang goreng renyah dalam waktu lama, yuk.. simak dibawah ini.

tips membuat bawang goreng renyah

Tips membuat bawang goreng renyah dalam waktu lama


1. Pemilihan bawang

Pilih bawang yang masih segar dan memiliki bentuk besar atau sedang serta terlihat cantik, dan jangan memilih bawang yang ber ukuran kecil apalagi sudah kisut.

2. Proses iris bawang

Setelah memilih bawang yang segar dan besar, langkah selanjutnya adalah mengiris bawang dengan tipis.

Hal ini agar dalam proses goreng, hasil bawang bisa garing. Bila terlalu tebal dalam mengiris bawang, bisa tidak renyah.

3. Menaburkan garam

Langkah selanjutnya adalah dengan menabur garam ke dalam irisan bawang, hal ini agar bawang bisa tahan lama karena garam merupakan bahan pengawet alami yang banyak digunakan chef terkenal.

Diamkan sebentar setelah diberi taburan garam, agar lebih meresap. Kurang lebih 5 sampai 10 menit.

4. Menaburkan tepung maizena

langkah selanjutnya adalah memberi taburan tepung maizena ke dalam irisan bawang takaran yang digunakan kurang lebih untuk 1 kg bawang antara 1 sampai 1 setengah sendok makan tepung maizena.

Lagi-lagi diamkan sebentar, kurang lebih sama waktunya dengan garam agar  tepung bisa meresap ke dalam bawang dan proses menjadikan bawang garing bisa sesuai harapan.

5. Menggoreng bawang

Langkah selanjutnya adalah menggoreng bawang yang telah diberi taburan garam dan tepung maizena.

Gunakan minyak yang banyak dan api yang kecil, agar bawang bisa matang secara merata dan tidak hangus atau gosong.

Kebayang dong, bagaimana bila menggoreng bawang dengan api besar, pasti hasilnya hitam karena terlalu matang alias gosong dech.

6.  Proses penyimpanan

Setelah selesai menggoreng bawang, jangan langsung di simpan. Karena bawang yang masih panas dan langsung disimpan akan mengurangi tingkat kerenyahan.

Gunakan wadah yang memiliki tutup yang rapat dan kedap udara, agar bawang bisa lebih renyah dan tahan lama.

Baca juga: Tips mengolah cabai saat harga mahal

Nah, begitulah tips cara membuat bawang goreng renyah dan tahan lama, cara ini juga bisa dijadikan solusi untuk menghadapi harga bawang yang mahal menjelang hari raya Lebaran, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru. Cukup ambil satu atau dua sendok makan bawang goreng, haluskan bersama bumbu lainnya dalam memasak.

Semoga tips membuat bawang goreng renyah dan tahan lama, bisa bermanfaat. Silahkan share untuk berbagi tips ini, karena berbagi itu indah. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon