Tips Memilih Daging Ayam Berkualitas Bagus, Ciri-Ciri Ayam Formalin dan Ayam Tiren

Siapa sih yang tidak pernah makan yang namanya daging ayam, semua orang pasti pernah memakan bahan masakan yang satu ini, kecuali yang vegetarian dan yang tidak suka dengan daging ayam. Tips memilih daging ayam berkualitas bagus, ciri-ciri ayam formalin dan ayam tiren, pada ulasan kali ini, akan sangat membantu sahabat dalam memilih dan membeli daging ayam di pasir.

Daging ayam, banyak mengandung berbagai macam vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein hewani dalam daging ayam, mampu memberikan asupan gizi yang bagus untuk perkembangan anak dalam masa pertumbuhan, serta orang yang baru sembuh dari sakit.

Dalam mengolah masakan berbahan dasar ayam kualitas dan segi tekstur daging ayam juga harus diperhatikan, jangan sampai sahabat memilih ayam yang tidak bagus dan bisa membuat masakan menjadi tidak enak.

memilih daging ayam berkualitas bagus

Daging ayam yang berkualitas memiliki ciri ciri yang bisa kita ketahui, berikut ini adalah tips dalam memilih daging ayam.

Tips Memilih Daging Ayam Berkualitas Bagus


1. Bentuk ayam

Dari berbagai ciri ayam berkualitas bagus, bentuk ayam menjadi sorotan pertama pada ulasan kali ini. Jangan sampai sahabat salah memilih ayam dengan bentuk yang bulat dan besar, karena biasanya ayam tersebut sudah di suntik dengan air agar terlihat besar.

Pencet dengan jari tangan, bila daging terasa sangat lembek dari biasanya, nah..... jangan-jangan ayam suntikan.

2. Warna daging ayam

Ciri selanjutnya dari ayam yang berkualitas bagus adalah, warna daging yang putih pucat. Perhatikan dengan seksama seluruh bagian dari daging ayam, jangan sampai ada daging yang berwarna biru, karena di takut kan daging ayam tersebut sudah lama ada dan bukan yang baru dipotong.

3. Bau daging ayam

Ciri selanjutnya adalah bau yang keluar dari daging ayam, daging ayam yang masih bagus tidak mengeluarkan aroma bau yang busuk akan tetapi mengeluarkan aroma khas ayam.

Biasanya daging ayam yang sudah disimpan lebih dari 3 hari, akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau ini adalah ciri atau tanda daging ayam yang tidak bagus dan bisa juga ayam tiren alias sudah mati baru disembelih.

Baca juga: Resep ayam taliwang khas lombok dan Resep ayam paniki khas Ternate

Dari tips memilih daging ayam berkualitas bagus diatas, sahabat tentu bisa langsung mempraktekkannya saat berbelanja di pasar dan membeli daging ayam.

Sebagai pengingat, daging ayam yang berkualitas bagus, akan membuat masakan menjadi lebih enak dan lezat.

Tapi, bagaimana mengetahui ciri-ciri daging ayam formalin dan ayam tiren? Geser layar sahabat lebih kr bawah untuk mengetahui nya.

Ciri-ciri ayam formalin

  • Warna kulit ayam lebih pucat
  • Pada bagian paha ayam sampai ke ceker terlihat kaku
  • Tekstur daging kencang
  • Bau obat akan terasa jika di cium
  • Tidak dikerumuni lalat
  • Tahan lama

Ciri-ciri ayam tiren

  • Harga lebih murah dari harga pasaran ayam
  • Terdapat bercak merah pada leher atau kepala ayam
  • Berbau sangat amis
  • Kulit ayam licin dan mengkilap
  • Terdapat banyak warna biru pada daging ayam
  • Bekas potongan di leher tidak lebar

Itulah tips memilih daging ayam berkualitas bagus, ciri-ciri ayam formalin dan ayam tiren, semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon