Mengenal Jenis Bawang dan Cara Menggunakannya

Jenis-jenis bawang - Bawang termasuk bahan masakan yang memiliki rasa serta aroma yang khas. Mengenal berbagai jenis bawang untuk diolah menjadi suatu masakan, sangat penting agar rasa bisa menjadi lebih enak dan juga tambah lezat.

Bawang memiliki kandungan yang dapat membuat masakan menjadi lezat, dari berbagai sumber yang dipercaya, bawang mengandung senyawa penyedap rasa yang alami dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Sahabat tentu mengetahui secara jelas mengenai bentuk serta aroma jenis-jenis bawang tersebut, tapi tau kah bahwa bawang memiliki kelebihan serta kekurangan untuk sebuah masakan.

Jenis bawang yang biasa dan umum digunakan, terbagi menjadi 3 jenis.


1. Bawang merah
Memiliki warna merah, beruas dan punya aroma yang menyengat. Biasanya saat mengiris bawang, zat aktif akan menyebar ke udara dan langsung berimbas pada mata. Itulah sebabnya bagi sebagian orang, bisa mengeluarkan air mata saat memotong bawang.

Bawang merah sangat berperan sebagai bumbu maupun bahan sambal, karena rasa yang dimiliki bisa menambah sedap rasa sebuah masakan.

Bawang merah juga digunakan sebagai bahan bumbu dasar, selain cabai dan buah tomat.


2. Bawang putih
Memiliki warna putih dan tidak memiliki ruas seperti bawang merah, namun dapat meningkatkan rasa masakan menjadi lebih tajam. Aroma khas bawang putih, biasa digunakan untuk jenis masakan dengan rasa gurih dan juga untuk jenis jajanan seperti kripik, bawang goreng, lanting dan lain sebagainya.

Kelebihan bawang putih dari segi kesehatan banyak sekali, terutama untuk penyakit berat seperti jantung, diabetes dan asam urat. Biasanya bawang putih dikonsumsi dengan cara dikukus dan dimakan saat pagi hari sebelum sarapan.


3. Bawang bombay
Memiliki bentuk lebih besar dari ukuran bawang merah dan putih, serta punya ruas yang besar pula. Aroma khas bawang bombay tidak terlalu menyengat dan kurang memberi efek pada sebuah masakan.

Oleh sebab itu, jenis bawang ini tidak pernah digunakan sebagai bumbu dasar. Namun hanya digunakan sebagai pelengkap masakan, seperti pizza, spageti, lasagna serta jenis masakan eropa lainnya.

Baca juga:


Dari ketiga jenis bawang diatas, tentu sahabat bisa mengetahui, tentang kelebihan dan kekurangan dari bawang. Tapi umumnya masakan Indonesia lebih memilih menggunakan jenis bawang merah dan bawang putih sebagai bahan dasar bumbu racik.

Walaupun jenis dan nama bawang banyak sekali, seperti bawang bakung, bawang dayak, bawang belanda, tapi tidak terlepas dari 3 jenis bawang diatas.

Semoga tips masak tentang mengenal jenis bawang dan cara menggunakannya pada masakan, bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon