Cara Merawat Pisau Dapur Agar Tetap Tajam dan Higienis

Cara merawat pisau dapur agar tajam dan higienis - Pisau merupakan benda yang sangat dibutuhkan saat proses masak memasak dan pisau juga menjadi alat potong praktis bagi ibu rumah tangga. Tau kah sahabat, bahwa pisau yang tajam sangat berperan penting pada sebuah masakan?

Menurut salah seorang chef terkenal, pisau yang tajam merupakan senjata untuk membuat potongan masakan menjadi lebih cantik dan tidak merusak serat pada daging. Jadi, jika sebuah pisau tumpul, maka secara tidak langsung akan mengurangi estetika dari sebuah penyajian masakan.

cara merawat pisau dapur

Apalagi sebuah pisau tidak terawat dan dibiarkan begitu saja, otomatis bisa menjadi sarang bakteri yang bisa masuk melalui masakan yang diolah.

Untuk sahabat yang ingin pisau yang digunakan dalam memasak tetap tajam dan higienis, berikut cara merawat serta teknik asah pisau yang mudah.

Cara merawat pisau dapur agar tetap tajam dan higienis


  • Pertama lakukan pengasahan dengan menggunakan batu asahan, cristal atau pinggir cobek
  • Lakukan dengan satu arah dan tidak boleh sampai bolak-balik
  • Setelah di rasa cukup tajam, bersih kan pisau dengan air, lalu rebus sebentar agar bakteri bisa mati
  • Simpan ditempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan kalau bisa bungkus dengan kertas tisu
Proses cuci pisau
  • Setelah memotong daging, ikan atau ayam, rendam pisau dengan air hangat
  • Angkat dan oles dengan jeruk nipis agar tidak bau amis
  • Bilas dengan air bersih dan simpan dalam tempat aman
Dengan tips cara merawat dan membersihkan pisau dapur diatas, sahabat akan bisa memasak dengan rasa aman tanpa khawatir akan bakteri yang hinggap dalam pisau.

Menurut majalah tentang masak memasak, bakteri pada pisau sangat banyak dan berbahaya bagi kesehatan, walaupun dampaknya tidak secara langsung akan tetapi bisa mempengaruhi kesehatan seseorang pada jangka panjang.

Oleh sebab itu, usahakan mencuci pisau menggunakan bahan yang bisa membersihkan sekaligus membunuh kuman, seperti air jeruk nipis dan cairan cuci piring yang mengandung bahan alami.

Menurut pengalaman, pisau yang sering dibersihkan dengan air jeruk nipis, akan lebih tajam ketimbang yang tidak menggunakan jeruk nipis.

Dalam mengasah pisau, saya sarankan agar ber hati-hati. Karena, jika tidak akan bisa melukai tangan. Serahkan kepada yang ahli atau suami dirumah untuk proses asah mengasah pisau dapur.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.

2 comments


EmoticonEmoticon