Perbedaan Merica dan Lada Hitam serta Kegunaannya untuk Masakan

Perbedaan merica da lada hitam serta kegunaannya untuk masakan - Bumbu dapur yang satu ini, memiliki rasa yang khas dan sering digunakan untuk berbagai masakan, baik yang tradisional alias lokal, maupun masakan luar negeri. Tapi, bagaimana dengan perbedaan serta kegunaan kedua jenis lada tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Lada atau biasa dikenal dengan merica, adalah jenis bumbu dapur yang memiliki ukuran kecil dan bentuk bulat seperti kelereng. Jenis rempah ini, banyak dijumpai diberbagai negara dan digunakan untuk menambah rasa sebuah masakan menjadi lebih menyengat alias pedas.

Umumnya lada yang digunakan untuk berbagai masakan ada 2 jenis, yaitu lada biasa dan lada hitam. Kedua jenis lada tersebut, memiliki rasa dan kegunaan yang berbeda pada sebuah masakan.

perbedaan merica dan lada hitam

1. Merica / lada
Jenis rempah yang satu ini banyak terdapat di Indonesia dan menjadi salah satu alternatif untuk memberikan rasa pedas selain cabai, butiran-butiran kecil lada jenis ini, terbungkus oleh kulit yang akan terkelupas bila ditumbuk atau dihaluskan.

Kegunaan
Bumbu rempah jenis lada, digunakan untuk masakan yang memiliki kuah seperti sop sapi, sop kambing dan aneka masakan yang dikukus seperti siomay, cilok.

Rasa pedas dari lada, akan membuat masakan menjadi lebih segar dan terasa di lidah saat pertama kali dimakan.

perbedaan merica dan lada hitam

2. Lada hitam
Jenis lada ini memiliki warna hitam serta rasa yang tidak terlalu keras, jika dicamoir pada sebuah masakan. Butiran lada jenis ini, memiliki ukuran yang lebih besar dari lada biasa dan merupakan bumbu yang tidak boleh tertinggal untuk masakan western.

Kegunaan
Umumnya bumbu dapur lada hitam biasa digunakan untuk masakan Eropa, seperti spaghetti, lasagna, barbekyu, steak dan lain sebagainya.

Cara menggunakan lada hitam untuk masakan tidak seperti lada biasa, karena jenis lada ini hanya di hancurkan saja dan tidak terlalu halus, lalu dicampurkan pada sebuah masakan dalam proses akhir.

Baca juga: Mengenal jenis bawang dan cara menggunakannya

Kesimpulan 


Kedua jenis lada ini, sama-sama memberikan rasa yang khas pada sebuah masakan. Walaupun berbeda bentuk dan warna, tapi lada bisa menjadi alternatif cabai ketika harganya sedang meroket.

Dengan mengenal serta mengetahui kedua jenis lada tersebut serta kegunaannya, sahabat akan bisa menggunakannya lebih baik lagi. Semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon