Tips Cara Membersihkan Kompor dari Sisa Masakan yang Membandel

Membersihkan kompor dari sisa masakan yang tumpah karena proses masak memasak, menjadi keharusan bagi seorang yang suka atau hobi masak. Sebab dengan menjaga kebersihan sebuah dapur khususnya kompor, dapat memberikan nuansa berbeda dan ikut memberikan sentuhan kelezatan dalam.sebuah resep masakan.

Sisa sisa kotoran atau noda yang menempel pada sebuah kompor, akan menjadi sulit dibersihkan jika sudah terlalu lama menempel. Jadi perlu adanya tindakan yang sedikit ekstrem, namun bisa membuat kompor menjadi rusak.

cara membersihkan kompor dari noda masakan

Sebenarnya segala kotoran atau noda yang menempel pada kompor, bisa dengan mudah dibersihkan, asalkan tahu cara dan trik nya. Untuk itu, simak tips dibawah ini dalam membersihkan segala jenis kotoran sisa masakan yang membandel pada sebuah kompor.

Tips mudah dalam membersihkan noda membandel pada kompor


1. Menggunakan cairan pembersih 
Noda yang menempel pada kompor, bisa sahabat bersihkan dengan cairan pembersih seperti sabun. Caranya cukup semprotkan pada noda, lalu biarkan sebentar kemudian lap dengan kain.

Note: Jika kompor masih dalam keadaan panas, biarkan dingin terlebih dahulu.

2. Menggunakan jeruk nipis
Untuk noda yang sudah lama menempel pada kompor, sebaiknya pergunakan air jeruk nipis. Sebab, kandungan air jeruk nipis mampu membersihkan noda yang sudah berkerak dan sulit dibersihkan.

Basahi permukaan noda dengan air jeruk nipis, lalu biarkan sebentar dan semprot dengan air sabun lalu bersihkan sampai noda terangkat.

3. Menggunakan campuran air sabun dan jeruk nipis
Cairan untuk membersihkan noda kotoran bekas masakan ini, sangat dianjurkan oleh banyak ibu rumah tangga. Sebab gabungan antara kedua jenis bahan tersebut, mampu mengangkat kotoran yang sudah hitam dan sulit dibersihkan.

Caranya sama seperti kedua cara di atas, namun harus sering diulang sampai 2 atau 4 kali, agar hasil bisa maksimal.


Hal yang tak boleh dilakukan dalam membersihkan noda pada kompor


  • Jangan menggunakan benda tajam seperti pisau, obeng atau sendok, karena bisa menyebabkan kompor menjadi tergores 
  • Jangan menggunakan cairan kimia seperti tinner, karena bisa membuat kompor terkontaminasi zat kimia
  • Jangan membersihkan noda pada kompor saat masih panas
  • Kompor jangan langsung dipakai setelah dibersihkan, karena bisa rusak

Dengan menjaga segala perabotan dapur khususnya kompor, sahabat bisa memasak dengan perasaan tenang dan tidak takut akan ikut masuknya kotoran ke dalam masakan yang dibuat. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon