Tips Cara Praktis Menanam Cabai di Rumah

Cara menanam cabai - Bingung dengan harga cabai yang tidak jelas, kadang turun dan secepat kilat naik lagi serta lama turunnya, simak tips jajanan uenak dalam menyikapi hal tersebut dengan menanam sendiri cabai dipekarangan rumah dan berhasil panen cabai.

Beberapa waktu lalu kita sempat dihebohkan dengan meroketnya harga cabai hingga mencapai Rp140.000 per kg, tentu saja hal ini sangat menggangu dapur ibu rumah tangga, sehingga biaya makan harian menjadi naik.

cara menanam cabai dirumah

Cabai merupakan komoditas bumbu rempah yang sangat disukai masyarakat Indonesia, berbagai masakan tradisional maupun modern yang memiliki cita rasa Indonesia pasti menggunakan cabai sebagai salah satu bahan dasarnya.

Untuk mengakali kenaikan harga cabai karena beberapa hal, ada baiknya sahabat menanam cabai sendiri, sehingga ketika harga cabai naik, tidak terlalu mengganggu kebulan asap didapur.

Cara praktis menanam cabai dirumah 


1. Siapkan bibit cabai
Untuk mencari bibit cabai yang bagus, gunakan cabai yang sudah tua lalu keringkan dan ambil bijinya. Setelah itu rendam dalam air, angkat lalu dijemur sampai kering.

2. Penyemaian bibit cabai
Dalam hal penyemaian biji cabai, saya menggunakan media kapas yang dibasahi dengan air, lalu biji cabai dimasukkan ke dalam kapas tersebut dan disimpan hingga beberapa hari. Biasanya bibit cabai sudah mengeluarkan akar dan bisa ditanam di media tanah.

3. Media tanam cabai
Gunakan tanah yang dicampur Pupuk untuk media tanam cabai, biarkan selama dua sampai tiga hari sebelum akhirnya bibit ditanam. 

4. Wadah tanaman cabai
Untuk tempatnya sahabat bisa menggunakan berbagai barang bekas seperti kaleng bekas susu atau plastik bekas belanjaan, jangan lupa untuk memberikan lubang di bawahnya, agar ketika penyiraman air bisa mudah mengalir ke bawah.

5. Perawatan tanaman cabai
Langkah terakhir adalah proses perawatan tanaman cabai, siram dua kali dalam satu hari pagi dan sore, lalu letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Dalam satu atau dua bulan masa tanam cabai, tanaman akan tumbuh dan berkembang dan akan berbuah ketika masuk bulan ketiga serta seterusnya.


Itulah tips cara praktis menanam cabai di rumah, yang bisa sahabat lakukan untuk mengakali tidak stabilnya harga jual cabai di pasar. Dengan melakukan tanam cabai sendiri, sahabat tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya harga cabai dan pastinya cabai yang dipetik dari hasil menanam sendiri lebih segar dan organik karena tidak memakai bahan kimia. Semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon