5 Tips Cara Menyimpan Tahu agar Awet dan Tahan Lama

Tips menyimpan tahu agar bisa awet dan tahan lama - Tahu termasuk bahan masakan yang kaya akan vitamin, mineral, protein yang baik untuk tubuh. Tahu juga sangat mudah didapat dan harganya relatif terjangkau untuk dijadikan lauk pauk bagi keluarga.

Menyimpan tahu untuk dimasak kemudian hari, sangat dianjurkan khususnya bagi sahabat yang jauh dari pasar, karena bisa menghemat pengeluaran belanja harian. Bagaimana cara menyimpan tahu agar awet dan tahan lama, yuk disimak ulasannya berikut ini.

cara menyimpan tahu agar awet

Tahu memiliki tekstur yang lembut dengan jenis serta aneka macam warna. Terbuat dari kacang kedelai yang diproses dengan cara fermentasi, menjadikan tahu tidak bisa bertahan lama untuk disimpan. Kandungan bakteri pengurai dari tahu yang menyebabkan bahan masakan ini, tidak bisa bertahan lama. Karena tahu tidak mengandung zat pengawet buatan, jadi harus ada trik khusus dalam menyimpan tahu.

Selain udara yang bisa menyebabkan tahu menjadi cepat basi, air bekas rendaman tahu dari penjual juga menjadi salah satu alasan kenapa tahu tidak bisa awet. Bagi sahabat yang ingin tahu bagaimana cara menyimpan tahu agar bisa awet dengan cara alami,yuk simak langkah dan cara nya dibawah ini.

Baca juga: Resep cara membuat tahu bulat praktis langsung jadi

Tips cara menyimpan tahu agar awet dan tahan lama


1. Mencuci tahu
Mencuci tahu termasuk salah satu langkah pertama dalam membuat tahu bisa bertahan lama. Sebab bakteri dari bekas air rendaman penjual tahu, banyak mengandung bakteri perusak sehingga bisa membuat tahu tidak tahan lama.

Cuci bersih tahu dengan air mengalir, lalu lakukan langkah kedua.

2. Siram dengan air panas
Langkah selanjutnya adalah dengan menyiram tahu dengan air panas. Hal ini berguna untuk mematikan bakteri perusak, yang bisa menyebabkan tahu menjadi cepat asam alias basi.

Setelah selesai dicuci bersih, siram dengan air panas seluruh stok tahu yang sahabat miliki, lalu lanjutkan dengan langkah ketiga.

3. Mengeringkan tahu dengan tisu dapur
Langkah ketiga adalah dengan mengeringkan tahu menggunakan tisu dapur setelah di siram air panas, hal ini akan membuat tahu tidak terlalu memiliki kandungan air yang banyak, sehingga proses keempat dalam cara menyimpan tahu agar bisa awet dan tahan lama bisa dilakukan.

4. Simpan dalam kotak yang memiliki tutup rapat
Langkah keempat adalah dengan menyimpan stok tahu dengan wadah yang memiliki tutup rapat.

Hal ini akan membuat tahu dalam keadaan kedap udara sehingga bakteri tidak bisa berkembang biak. karena bakteri tidak bisa berkembang biak, tentu akan membuat tahu bisa disimpan lebih lama.

5. Simpan wadah dalam lemari es
Langkah terakhir adalah menyimpan stok tahu yang sudah dicuci bersih, disiram air panas, dikeringkan dengan tisu dapur dan disimpan dalam wadah tertutup rapat ke dalam lemari es.

Suhu udara dingin dalam lemari es, akan membuat proses menyimpan tahu bisa berjalan dengan baik, sehingga bisa awet dan tahan lama.

Baca juga: Tips cara memilih tahu yang bebas dari bahan pengawet / formalin

Itulah 5 tips dalam menyimpan tahu agar bisa awet dan tahan lama, semoga bisa bermanfaat khususnya bagi sahabat yang suka membeli tahu dalam jumlah banyak. Silahkan dicoba.


EmoticonEmoticon