Tips Mudah Membedakan Telur Kualitas Bagus dan Telur Busuk

Tips mudah membedakan telur kualitas bagus dan telur busuk - Telur salah satu bahan masakan yang mudah dibuat apa saja, ingin buat telur ceplok, telur dadar, telur rebus, telur omlet dan lain sebagainya, tentu sangat mudah karena resep mengolah telur begitu simpel. Agar masakan dengan bahan telur memiliki rasa yang enak, dibutuhkan telur berkualitas bagus sebagai bahan dasarnya. Nah pada kesempatan kali ini, Saya ada tips mudah dalam membedakan telur kualitas bagus dan telur dengan kualitas jelek, ingin tahu ulasan lengkapnya, yuk baca dibawah ini.

cara membedakan telur kualitas bagus

Ciri-ciri telur berkualitas bagus


Telur dengan kualitas bagus, memiliki rasa yang enak setelah dimasak. Warna kuning pada telur terlihat memiliki warna yang cerah dan tidak pucat serta aroma telur sangat khas dan tidak berbau busuk.

Pada sebagian jenis telur, khusunya telur dari ayam ternak, warna kuning di pengaruhi oleh pakan ayam itu sendiri. Jika pakan ayam banyak mengandung karoten, sudah barang tentu warna kuning telur akan cerah dan sedikit kemerahan.

Berbeda dengan telur dari ayam yang sengaja dibiarkan mencari makan sendiri, warna kuning telur agak sedikit pucat namun masih tetap enak alias lezat jika diolah menjadi makanan.

Tips mudah membedakan telur kualitas bagus dan tidak


Secara kasat mata, telur yang memiliki kualitas bagus bisa dilihat dari bentuk dan warna, kulit serta bau. 

1. Bentuk dan warna
Jika bentuk dan warna telur sempurna alias tidak ada retak, sudah bisa dinilai telur tersebut memiliki kualitas bagus.

2. Kulit telur
Kulit telur kualitas bagus memiliki warna yang cerah dan sedikit gelap. Hal ini bisa dilihat dari jenis ayam yang menghasilkan telur, jika ayam negeri atau buras tentu warna kulit akan sedikit gelap. Namun bila ayam kampung, warna kulit telur putih cerah.

3. Bau telur
Bau telur memiliki aroma amis yang khas dan tidak berbau busuk. Jika telur yang sahabat pilih sedikit memiliki bau busuk, sebaiknya jangan dipilih dan kalau bisa dibuang saja atau minta tukar kepada yang menjual.


Cara tes telur:
  • Siapkan baskom berisi air
  • Masukkan telur
  • Apabila mengambang, telur dalam kondisi jelek dan sangat mungkin telur sudah busuk, namun apabila tenggelam, telur dalam kondisi masih baik dan layak dikonsumsi


Dalam memilih telur curah, usahakan jangan yang retak. Sebab menurut ahli gizi, telur yang retak rentan terhadap bakteri karena kulit telur sudah terbuka.

Walaupun harga telur retak atau istilahnya telur retakan sangat murah, tapi sangat tifak bagus untuk kesehatan dapam jangka panjang. Jangan pernah menggadaikan kesehatan sahabat dan keluarga dengan sebuah telur yang murah, kalau masih mampu membeli yang bagus.

Semoga tips mudah dalam membedakan telur kualitas bagus dan telur jelek, bisa bermanfaat. Silahkan dicoba.


EmoticonEmoticon